Asesmen Lapangan Akreditasi Doktor Ilmu Pertanian (DIP) – Doktor Ilmu Pertanian Universitas Medan Area mengadakan Asesmen Lapangan Akreditasi, Kegiatan dilakukan pada Tanggal 14 & 15 September 2020 selama 2 (dua) hari.
Kegiatan Asesmen hari pertama dilakukan pada tanggal 14 September 2022 dan dilanjutkan pada hari kedua yakni pada tanggal 15 September 2022, Adapun kegiatan dilaksanakan secara Daring melalui aplikasi Zoom di Ruang Convention Hall Lantai 3 Gedung Rektorat, Kampus Utama Universitas Medan Area (UMA). Kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi dimulai Pukul 08.00 wib s/d selesai.
Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan Asesmen lapangan akreditasi Doktor Ilmu Pertanian (DIP) yaitu Funsionaris Universitas, Fungsionaris Pascasarjana, Fungsionaris DIP, Tim Task Force Borang, Para Ka Lembaga Universitas.
Adapun yang bertindak sebagai MC yaitu Ibu Zarina Alfandari, S.Psi dan dilanjutkan dengan pembacaan Do’a yang di bacakan oleh Ust Dr. Hasrad Effendi Samosir, M.Ag.
Acara selanjutnya yaitu kata sambutan oleh Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Sc, M.Eng selaku Rektor Universitas Medan Area, kemudian pengenalan Asesor oleh Prof. Dr. Ir. Latif Abadi berasal dari Universitas Brawijaya dan Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, M.Sc berasal dari Universitas Gajah Mada.
Selanjutnya yaitu Sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi Prof. Ir. Zulkarnain Lubis, MS, Ph.D, dimana Konfirmasi terkait rencana pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Retna Astuti Kuswardani, MS dan Wakil Direktur Ibu Dr. Suryani Hardjo, S.Psi, MA, Ibu Khairunnisak, SM, MM, Bapak Dr. Isnaini, SH, M.Hum dan Ibu Prof. Dr. Ir. Yusniar Lubis, MMA.
Sesi ke tiga Konfirmasi Data LKPS / Excel Data yaitu Penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif yang di ujikan oleh Bapak 1. Prof .Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, M.Sc.
Selanjutnya yaitu Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal, dimana Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi.
Sesi dengan Middle Manajemen di UPPS, Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi).
Sesi dengan dosen Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen, kemudian Sesi dengan Tenaga Kependidikan Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan.
Sesi dengan mahasiswa yaitu Konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa.